Writen by Uyunk
W
|
aktu tidak akan pernah dapat kembali. Sekali waktu berlalu, waktu berlalu untuk selamanya. Manajemen waktu sangatlah penting untuk dilakukan. Semakin baik Anda mengelola waktu, maka semakin baik pula kehidupan Anda. Sebaliknya, semakin buruk Anda mengelola waktu, maka semakin buruk pula kehidupan Anda. Pernahkan Anda merasakan hal yang demikian?
“Kegiatan apakah yang paling banyak menyita waktu Anda? Menonton TV, bermain, belajar, tidur, mengobrol, atau yang lainnya. Menurut Anda, sudah efektif dan efisienkah waktu Anda selama ini?”
Manajemen waktu merupakan sebuah keterampilan yang merujuk pada proses dan perangkat yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas. Manajemen waktu akan membuat hidup seseorang lebih produktif atau banyak menghasilkan sesuatu, karena kemampuan menentukan prioritas. Manajemen waktu belajar dan waktu bekerja dengan didukung pemilihan waktu dan tempat yang tepat akan memberikan hasil yang optimal bagi seseorang untuk mencapai target yang sudah ditetapkan.
Bagaimanakah cara memanajemen waktu yang baik itu?
1. Tentukan prioritas, utamakan kegiatan yang paling penting dan mendesak.
2. Buat jadwal pengalokasian waktu Anda dalam pekan ini, untuk kegiatan yang paling utama dan kegiatan-kegiatan yang lainnya.
3. Tentukan waktu yang sesuai, karena setiap aktivitas membutuhkan waktu yang berbeda. Estimasikan berapa lama setiap tugas dapat terselesaikan.
4. Berikan waktu yang cukup untuk tidur, makan, olahraga, dan rekreasi.
5. Lakukan evaluasi dan revisi jadwal yang telah Anda buat secara berkala.
6. Tetapkan punistment yang sifatnya positif untuk diri Anda saat Anda tidak tepat waktu dalam melakukan berbagai bentuk aktivitas.
Ingat! Lakukan jadwal Anda secara fleksibel. Jangan sampai diperbudak oleh jadwal!
Semoga bermanfaat.............
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Tak ada gading yang tak retak. Oleh karena itu, berikan tanggapan Anda akan tulisan/gambar di blog ini untuk perbaikan yang lebih sempurna. Thank's